Selamat Datang Di Blog Ateja Yudhi Septian, Disini Adalah Tempat Sharing Software gratis, dan juga software android, yang ingin merequest sebuah program bisa lansung kesini, beri komentar, selain tempat share software blog ini juga sebagai sarana untuk belajar teknologi, yang masih bingung dengan android bisa ditanyakan dan yang masih bingung dengan laptop bisa juga ditanyakan

Thursday 16 October 2014

Penjelasan Tentang Teknologi Informasi, Manfaat Bagi Perpustakaan, Hardware & Software


1.              PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi menurut beberapa ahli 
Sumber
Definisi
Haag dan Keen (1996 )
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
Martin ( 1999 )
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer ( perangkat keras dan perangkat lunak ) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
William dan Sawyer (2003 )
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi ( komputer ) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video
Dari definisi yang tercantum diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Penjelasan yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut
-          Teknologi Komputer               :  adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM.
-          Teknologi Komunikasi            :   adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon, radio, dan televisi.

2.              MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERPUSTAKAAN
Manfaat teknologi informasi bagi perpustakaan seperti yang dikemukakan oleh Handerson ( dalam Basuki, 1998 ) yang saya kutip dari http://lukmanb.blogspot.com/2009/11/penerapan-teknologi-informasi-di.html adalah :
*      Menyediakan akses informasi yang cepat dan mudah
*      Menyediakan akses jarak jauh bagi pengguna
*       Menyediakan akses 24 jam, jika servernya beroperasi 24 jam.
*      Menyediakan informasi mutakhir
*       Menyediakan informasi yang dapat digunakan dengan luwes bagi pengguna dengan kebutuhannya.
*      Meningkatkan keluwesan
*      Memudahkan format ulang dan kombinasi data dari berbagaisumber.

3.              SOFTWARE
Perangkat lunak merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dalam suatu komputer yang tidak bisa disentuh lansung oleh manusia, tetapi bisa dirasakan manfaatnya.
Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak, software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar dan software gratis atau free (  Freeware, free software, shareware ).
-          Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
-          Software gratis
*      Freeware a
*      Free Software 
*      Shareware 
-          contoh-contoh software :

 

4.              HARDWARE
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.


Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
-          Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
*      Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
*      Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

*      Contoh Perangkat input : mouse, keyboard, touchpad, dll
-          Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
RAM (Random Access Memory) – Memory

Output device ( Unit keluaran )
Monitor

-          Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.

-          Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara   lain

Modem

kartu suara


UNTUK LEBIH RINCINYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DIBAWAH INI 
 TI RINCI

2 comments: